Laman

Rabu, 14 Juli 2010

Komparasi Terhadap proggram Realisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

BAB I


1. PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Banyak komponen penting yang dinilai turut menentukan keberhasilan proses pendidikan dalam upaya pencapaian out put dan out cam yang berkualitas.
Bukan hanya instansi dan lembaga atau institusi formal saja yang harus berperan aktif dalam mendukung dan menunjang pendidikan yang berkualitas namun peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan sangat penting dan strategis.peran masyarakat itu akan lebih maksimal apabila pemerintah juga berkomitmen dalam mendukung dan menunjang tercapainya program pendidikan yang di inginkan sesui dengan yang tujuan pendidikan yaitu:membentuk pribadi yang beriman,bertakwa,dan berakhlak mulia.

Dalam hal ini, pemerintah telah mewujudkan perhatian nya terhadap pendidikan dengan menganggar kan 20% dari RAPBN,namun demikian ,berdasarkan realita yang terjadi anggaran sebesar itu tidak lah cukup untuk menunjang pendidikan di masa kini,yang mana masih banyak problema-problema pendidikan yang di hadapi,sarana dan prasarana yang kurang memadai,pasilitas pasilitas blajar masih kurang dan lain sebagainya,yang nota bene semua itu adalah permasalahan pendanaan.

Masalah pendidikan memang masalah yang harus di perhatikan serius oleh semua kalangan lebih lebih merintah, karna pendidikan merupakan landasan utama dalam menentuka masadepan bangsa.

Dari beberapa problema pendidikan yang di hadapi di negeri ini, pemerintah saat ini melancar kan program baru dalam mendukung dan menunjang pendidikan dengan di realisasinya antuan oprasional sekolah,(BOS) yag tentunya juga kita semua mengharapkan agar bantuan oprasional sekolah ini dapat di realisasi dengan baik.

Dan ber dasarkan hasil konsevasi kami di beberapa sekolah terkait dengan dana bantuan oprasional sekolah dan bagai mana oprasional nya ,kami akan memberikan reprensi kami terhadap apa yang kami dapat kan dalam hal ini informasi terkait dengan oprasional dana bantuan oprasional sekolah(BOS).

BAB II
STUDY
KOMPARASI TERHADAP
SEKOLAH YANG MENJALAN KAN
PROGRAM SEKOLAH GRATIS DAN YANG TIDAK
DI TINJAU DARI ASFEK
PEMANFAATAN ANGGARAN
PENDIDIKAN

Melakukan study komparasi terhadap sekolah yang menjalankan progaram gratis atau yang belum menjalan kan program gratis di tinjau dari aspek pemanfaatan anggaran tersebut.
Study perbandingan ini mengkaji tentang bagai mana pengalokasian dana,sistematika pelaksanaan nya,manfaat nya,kelebihan dan kekurangan nya,serta dampak nya terhadap dunia pendidikan,lingkungan sekolah dan masyarakat.
TUJUAN DAN MANFAAT
A. TUJUAN UMUM
1. Mahasiswa dapat mendiskripsikan dan memahami konsep dasar dan fungsi manajmen dalam ekonomi dalam dunia pendidikan yang meliputi:manajmen nya,perencanaan,pengaplikasian dalam pendidikan dan akuntabilitas.
2. Mahasiswa dapat mengetahui keterampilan dasar tentang cara pengelolaan dana sesui peraturan baku yaitu:konsep dasar,sumber dana,penganggaran,mekanisme pengelolaan keuangan pendidikan,akuntabilitas,efesiensi keuangan,tatapembukuan keuangan,serta peraturan perundang undang yang trkait dengan pendidikan.

B. SUB TUJUAN
a. Melakukan konsevasi terhap sekolah yang menjalan kan program sekolah gratis maupun yang belum menjalan kan program gratis,dan mengkaji tentang bagai mana pengalokasian dana,sistematika pelaksanaan nya,manfaat nya,kelebihan dan kekurangan nya,serta dampak nya terhadap dunia pendidikan,lingkungan sekolah dan masyaraka
C. MANFAAT
a. Dapat mengetahui sistematika pengalokasian dana pendidikan
b. Dapat menambah wawasan tentang alokasi dana pendidikan
c. Mengetahui danpak positif dan negatif
d. Mengetahui pengimplementasi dana secara efektf dan efesien
BAB III
REALISASI
BANTUAN OPRASIONAL SEKOLAH
(BOS)


Belakangan ini pendidikan menjadi sorotan berbbagai kalangan,baik dari kkalangan pemerintah,maupun masyarakat sendiri,karna pendidikan merupakan penentu dari pada masa depan bangsa dan negara kita tercinta ini.

Pendidikan di negara kita saat ini memang sangat memperihatin kan,terjadi berbagai macam kemelut terhadap dunia pendidikan kita yang ahirnya berbuntut kepada penurunan kualitas SDM kita,dan itu artinya masa depan bangsa kita sudah bisa kita prediksikan jika kualitas SDM kita menurun.

Terkait permasalahan ini,pemrintah mencoba mengambil beberapa kebijakan-kebijakan dalam menanggulangi permasalahan pendidikan,di antarany pemerintah menganggarkan 20% dari RAPBN namun hal ini masih banyak mengalami berbagai macam kendala-kendala seperti misalnya, terjadinya penyelewengan-penyelewengan dana,korupsi,dan lain sebagainya. Hal ini manggambarkan ketidak berhasilan pemerintah dalam memenaj program tersebut.

Dari beberapa problema pendidikan yang di hadapi di negeri ini, pemerintah saat ini melancar kan program baru dalam mendukung dan menunjang pendidikan dengan di realisasinya bantuan oprasional sekolah(BOS) ini. Tentunya kita sema terutam mesyarakat sangat mendukung dan turut berpartisipasi dalam membantu proses berjalan nya proggram dana bantuan oprasional sekolah (BOS)ini.

Dan ber dasarkan hasil konsevasi kami di beberapa sekolah terkait dengan dana bantuan oprasional sekolah dan bagai mana oprasional nya ,kami akan memberikan reprensi kami terhadap apa yang kami dapat kan dalam hal ini informasi terkait dengan oprasional dana bantuan oprasional sekolah(BOS).



BAB IV

TUJUAN DAN MANFAAT
DARI DANA BANTUAN OPRASIONAL SEKOLAH (BOS)

1. TUJUAN

Bantuan oprasional sekolah merupakan program pemerintah dalam menunjang dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Dalam rangka peningkatan mutu SDM,mencerdaskan masyarakat,membantu masyarakat,menanamkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan.di samping itu pula,bantuan oprasional sekolah ini sangat lah membantu dalam proses menunjang program kurikulum sekolah itu sendiri.
2. MANFAAT
Bantuan oprasional sekolah di anggar kan kepada sekolah dengan memperhitungkan jumlah siswa yang ada di sekolah yang menima dana bantuan oprasional sekolah (BOS),ada pun realisasi dana yang yang di terima,di alokasikan kepada:
• Untuk mendanai proses ujian nasional
Proses ujian nasional maupun ujian sekolah di danai dari dana bantuan oprasional sekolah (BOS) yang ada,seperti pendanan dalam kertas ujian,alat alat yang di butuh kan dalam proses ujian.
• Pembayaran gaji guru honorer.
Pembayaran gaji tenaga guru honorer di kalibrasi kan dengan jumlah jam mengajar
• Pembelian ATK
Pembelian alat alat tulis kantor (ATK),di anggar kan juga dari dana bantuan oprasional sekolah
• Rehabilitasi pembangunan gedung sekolah
• Rehabilitasi pembangunan gedung sekolah merupakan obyek atau sasaran dari pencairan dana bantuan oprasional sekolah

• Pembelian buku buku
Pembelian buku buku pelajaran di anggar kan 15% dari dana BOS yang ada.
• Pembiayaan kegiatan ekstrakulikuler
BAB V

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI DANA BANTUAN OPRASIONAL SEKOLAH (BOS)

a. Kelebihan kelebihan dana bantuan oprasional sekolah (BOS)

• Sekolah dapat menjalan kan kurikulum sekolah dengan baik
• Membantu kelancaran proses blajar mengajar yang di adkan di sekolah maupun di luar sekolah
• Membantu dalam perbaikan perbaikan gedung sekolah yang sudah tidak layak di pakai lagi.
• Membantu meningkatkan prestasi peserta didik
• Membantu meningkatkan mutu pendidikans


b. Kekurangan kekurangan dana bantuan oprasional sekolah (BOS)
Namun hal itu masih mendapat beberapa kendala-kendala kecil yang dihadapi dalam mengimplementasikan bantuan oprasional tersebut terutama dalam oprasional nya di lapangan diantaranya:
• Permohonan dana sering kali mengalami kendala,misalnya dalam pencairan nya mengalami keterlambatan.
• Dana bantuan oprasional sekolah (BOS)masih di rasakan kurang.




BAB VI

KESIMPULAN DAN HASIL REKOMENDASI

A. KESIMPULAN

Dana bantuan oprasional sekolah merupakan program pemrintah yang sangat membantu dalam mendukung dan menunjang pendidikan demi tercapai nya tujuan pendidikan yang efektif dan efesien,serta dapat menghasilkan out put dan out cam yang di inginkan.
Pengalokasian dana BOS ini di alokasikan ke:

- Buku.
Anggaran Dana untuk buku 15%
- Bea siswa
- Pembayaran gaji honor guru
- pembiyaan kegiatan ekstrakulikuler
- Pembiyaan kegiatan PHBI(peringatan hari hari besar islam)
- Pembiyaan rehabilitasi bangunan sekolah
- Pembelian ATK
- Perbaikan sarana dan prasarana sekolah

anggaran dana bantuan oprasional sekolah di alokasikan dalam interfal waktu
tri wulan.

B. HASIL REKOMINDASI

Konservasi di lakukan di sekolah madrasah tsanawiah(MTS)NW mertaknao,ds.monggas,kec,mertaknao praya LOMBOK TENGAH.

Sebagai narasumber:
Bendahara MTS(NW) MERTAKNAO PRAYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar