Laman

Rabu, 14 Juli 2010

PERENCANAAN PENDIDIKAN

BAB. I
A. PENDAHULUAN

Sekolah dasar sebagai suatu lembaga pendidika merupakan suatu sumber utama data kependidikan,yang sangat diperlukan sekali oleh para pelaku pendidikan untuk melaksanakan tugas atau profesinya.

Kepala Sekolah dan Guru di sekolah sangat memerlukan data-data tentang siswa, kurikulum, sarana,dan sebagainya untuk pengelolaan sekolahnya sehari- hari.

Data kependidikan yang terdapat disekolah sangat banyak macam dan jenisnya. Pencatatan data harus teratur dan berkelanjutan, agar menjadi lebih mudah dan sederhana sehingga memperlancar kegiatan administrasi.

Dalam Administrasi sekolah dasar pencatatan data dikelompokkan menjadi :
1. Administrasi Program Pengajaran.
2. Administrasi Kesiswaan.
3. Administrasi Kepegawaian.
4. Administrasi Keuangan.
5. Administrasi Perlengkapan/Barang.

Dalam rangka melaksanakan kurikulum sekolah dasar perlu ditunjang oleh serangkaian Kegiatan administrasi, proses belajar mengajar,sebagaimana yang telah ditentukan dalam Buku pedoman administarsi dan supervisi.Pelaksanaan proses belajar mengajar secara baik perlu ditunjang oleh suatu sistem administarasi sekolah yang mantap.

Kepala Sekolah adalah administrator pendidikan di lingkungan sekolah yang dipimpinnya.dalam melaksanakan administrasi,kepala sekolah dibantu oleh guru dan tenaga lainnya.Ia berusaha mendayagunakan berbagai sumber (waktu,tenaga,uang,dan material) agar diperoleh hasil guna yang tinggi dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional.

B. Tujuan

A. Mengetahui data siswa(matrik)
B. Mengetahui potensi siswa


Komponen Administrasi Kesiswaan meliputi:

a. Penerimaan siswa baru
b. Mutasi siswa
c. Penatalaksanaan kesiswaan, meliputi :
- Buku induk
- Buku klaper
- Daftar hadir siswa
- Buku agenda kelas
- Buku nilai
- Daftar keadaan siswa
- Laporan kenaikan kelas/kelulusan
- Daftar calon peserta ujian akhir

d. Pembinaan kesiswaan
e. Pelayanan khusus siswa


BAB II

RUANG LINGKUP ADMINISTRASI
SEKOLAH
A. Penerimaan siswa baru
B. Mutasi siswa
C. Penatalaksanaan kesiswaan

Ruang Lingkup Administrasi Sekolah meliputi :

1. Komponen Administrasi Program Pengajaran meliputi hal-hal berikut ;
a. Penelaahan program pengajaran
b. Rencana program pengajaran
c. Pengembangan kurikulum muatan lokal
d. Penyusunan program pembelajaran
e. Pelaksanaan pembelajaran
f. Pengendalian program pengajaran
g. Penilaian program pengajaran

2. Administrasi Kesiswaan
Administrasi Kesiswaan meliputi hal-hal sebagai berikut :
a. Pembinaan kesiswaan
b. Pelayanan khusus siswa
Buku administarsi.
Buku administrasi ini menggunakan dua periode batasan pencatatan tahunan yaitu :
 Buku induk
 Buku klaper
 Daftar hadir siswa
 Buku agenda kelas
 Buku nilai
 Daftar keadaan siswa
 Laporan kenaikan kelas/kelulusan
 Daftar calon peserta ujian akhir


BAB. III
PENUTUP

Kesimpulan :
Setelah kami membuat rencana administrasi sekolah dapat disimpulkan :
1. Dengan adanya administrasi yang teratur maka tujuan sekolah akan tercapai baik.
2. Program kerja,kendala,peluang,ancaman,dan kelemahan dapat dipecahkan dalam suasana sekolah yang kondusif kebersamaan dan keterbukaan serta dapt dipertanggung jawabkan.
3. Administrasi sekolah adalah alat untuk membuat pendataan terhadap sesuatu yang ada kaitannya dalam peningkatan kinerja sekolah.
4. Melalui monitoring dan evaluasi yang dilaksankan oleh Tim Indenpenden dapat
5. diketahui apakah pelaksanaan program berjalan sesuai dengan yang direncakan ,
6. sejauhmana kemajuan pelaksanaan program, apa saja hambatan yang terjadi dan
7. bagaimana mengatasi masalah tersebut. Tim Monev indenpenden diharapkan dapat
8. berfungsi sebagai ” Kelompok kerja yang sanggup memberikan peringatan dini”terhadap program-program yang sedang dilaksankan.

Saran dan kritik :
A. Di dalam penyusunan administrasi sekolah ini masih banyak kekurangan, maka,lewat tulisan ini kami memberikan kritik serta saran, sehingga dalam melaksanakan semua kegiatan sekolah dapat berjalan secara efektif dan afesien, dan pendidikan semakin baik dan bermutu serta berdaya guna dan berhasil guna.

B. Perlu pembinaan yang terus menerus bagi tenaga kependidikan atau tenaga adminsitrasi di Sekolah sebagai tenaga yang diharapkan mampu meningkatkan pengelolaan dan peningkatan mutu pendidikan disekolah agar dapat menghasilkan out put dan out cam yang di harap kan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar